Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang alasan kenapa kita harus gabung ke sebuah komunitas. Poin pentingnya adalah gabung ke komunitas itu nggak ada ruginya kok. Di dalam komunitas, kamu bisa punya kesempatan untuk ikut terlibat di berbagai kegiatan komunitas. Selain itu, kamu bisa menuangkan hobi, minat, dan ide-ide kreatif bersama komunitas.

Dalam perjalanannya, komunitas juga membutuhkan yang namanya eksistensi. Yup, selain bisa menjadi sarana untuk bertemu orang baru dan sharing seputar minat yang sama, keberadaan komunitas juga perlu mendapat pengakuan dari masyarakat.

Eksis adalah kuncinya. Jadi, apa aja sih yang harus dilakukan supaya komunitas bisa tetap eksis? Kami mau membagikan 4 tips ampuh yang bikin komunitas makin eksis. Simak yuk.

Tips Ampuh Biar Komunitasmu Makin Eksis

Siapkan program-program unik dan seru

Program unggulan dari komunitas akan menjadi daya tarik bagi masyarakat, ataupun calon anggota baru komunitasmu. Maksimalkan potensi dan kreatifitas yang ada di komunitasmu untuk merencanakan program-program yang mengasyikkan.

Misalnya jika komunitasmu ada komunitas pecinta hewan, kamu bisa membuat program yang unik dan mengundang daya tarik, seperti fashion show yang mewajibkan hewan-hewan dihiasi kostum lucu dan meriah. Menarik kan?

Perluas jaringan komunitas dengan aktif mengikuti event antar komunitas

Setiap komunitas butuh eksistensi di mata masyarakat. Untuk itu, sering berkolaborasi dengan komunitas lain dalam sebuah event cara yang tepat. Kamu dan komunitasmu bisa melakukan kunjungan ke markas komunitas lain, untuk sekedar bermain dan sharing banyak hal. Kedekatan antar komunitas akan membuat kamu dan komunitas punya relasi yang kuat. Pastinya, bikin komunitasmu makin eksis dong.

Baca juga : 5 Tips Supaya Meeting Online Bareng Komunitas Jadi Sukses

Bikin Merchandise lucu untuk diberikan ke masyarakat

Nggak ada salahnya kamu mencoba tips yang satu ini. Emm terkesan mahal ya? Tunggu dulu, mahal nggak nya tergantung bagaimana kondisi keuangan kamu dan merchandise yang kamu pilih. Tujuan dari merchandise sendiri adalah meninggalkan kesan positif kepada masyarakat umum tentang komunitasmu. Kamu bisa membagikan merchandise berupa stiker, pin, kaos, atau gantungan kunci supaya mereka lebih mudah mengenal komunitasmu.

Ingat ya, nggak harus mahal kok. Tipsnya adalah pilihlah barang yang sesuai dengan budget komunitasmu ya.

Pastiin komunitas kamu punya Media Sosial yang aktif dan konten menarik

Media sosial saat ini jadi senjata untuk pemasaran dan publikasi banyak pihak. Dalam hal ini ternyata komunitas ternyata perlu banget aktif di media sosial yang mempunyai jangkauan cukup luas. Komunitasmu perlu banget mempublikasikan berbagai aktivitas kebersamaan, seperti saat kopdar, traveling bareng, sampai saar event besar bareng komunitas.

Pastikan komunitasmu punya konten-konten yang menarik ya. Selain itu, kamu juga perlu membangun interaksi di media sosial dengan anggota komunitasmu. Untuk membuat sebuah media yang aktif dan menarik, komunitas juga perlu memilih platform media sosial yang tepat lho.

Dengan Oorth, Bikin Komunitas Makin Eksis

Oorth sebagai aplikasi komunitas memberikan beragam kemudahan untuk membantu komunitas menjaga eksistensi. Fitur Media Sosial di aplikasi Oorth akan membantu komunitasmu supaya makin eksis. Kamu bisa menuliskan status, menbagikan informasi, serta menggunggah foto dan video keseruan komunitasmu di aplikasi Oorth. Jadi, jangan salah pakai aplikasi untuk komunitasmu ya.

Itu lah beberapa tips supaya komunitasmu makin eksis. Untuk diingat, eksistensi yang didapat bukan untuk sombong ya, tapi agar supaya komunitasmu dikenal baik oleh masyarakat. Semoga bermanfaat untuk komunitasmu biar makin eksis 😉.

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here